Benarkah Google Membuat Layanan Perekrutan Untuk Idustri?

Benarkah Google Membuat Layanan Perekrutan Untuk Idustri

Dalam beberapa pekan terakhir, Google telah membuat langkah signifikan dalam persiapan untuk mengganggu industri dengan beberapa konten yang paling menguntungkan dalam hasil pencarian: daftar pekerjaan.

Ini meluncurkan Sistem Pelacakan Pelamar beta pribadi, sekarang tampaknya mendukung marka skema pekerjaan terkait, dan menguji “paket kerja” dalam hasil pencarian. Banyak orang menyarankan agar Google siap untuk pengambilalihan perekrutan.

Jadi haruskah perekrutan SEO menjadi khawatir? Tentunya!

Di sini, kita akan membahas perubahan, dampak potensial dan bagaimana perekrut harus menanggapi jika mereka menginginkan kemungkinan mempertahankan visibilitas pencarian mereka di bulan-bulan mendatang.

Gangguan Google lainnya?

Bukan rahasia industri bahwa Google telah berinvestasi dalam fitur pencarian baru untuk memberikan pengalaman “kebun berdinding” yang lebih terlibat di halaman hasil, yang menyebabkan gangguan pada vertikal yang mapan.

Tidak semua guncangan industri bersifat permanen; Sebagai contoh, Google Compare ditidurkan tahun lalu setelah memberikan perbandingan untuk produk keuangan seperti kartu kredit, namun Google Flights dan daftar hotel masih berjalan dengan kuat.

Yang jelas adalah bahwa Google terus-menerus dalam pendekatannya untuk memperbaiki perjalanan pengguna – meskipun harganya terjangkau oleh perusahaan individual dalam jangka pendek.

Lama berlalu adalah hari-hari ketika hasil pencarian kami adalah daftar sederhana dari 10 tautan biru; semakin banyak, pencari bertemu dengan konten dalam berbagai format, dirancang untuk memberi mereka informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah – dan inovasi ini hanya akan berlanjut.

Apakah Google Akan Kepala ke Kepala Dengan Raksasa Rekrutmen?

Google telah beralih ke vertikal tertentu sebelumnya, jadi tidak mengherankan bila kita melihatnya mulai beralih ke sektor baru – terutama ketika Anda mempertimbangkan industri perekrutan global yang kompetitif sekarang bernilai lebih dari € 450,4 miliar ($ 491 miliar) per per tahun, tumbuh 8 persen per tahun (Alfabet tidak bisa melaporkan peningkatan omset rekaman tanpa pemikiran komersial semacam ini!).

Raksasa rekrutmen seperti Memang, Monster, Reed, Total Jobs, Jobs.com dan bahkan LinkedIn pasti akan peduli. Dominasi sebelumnya dari pekerjaan SERPs terancam, dan dengan Google mengarahkan perubahan ini, hanya ada sedikit yang bisa mereka lakukan untuk menghentikannya.

Tapi, seperti banyak industri, rekrutmen tidak dibangun semata-mata pada ‘raksasa’. Ini adalah pemain kecil yang sekarang, secara teori, memiliki kesempatan untuk dilihat, dengan memanfaatkan peluang baru dalam tata letak pekerjaan Google dan mendapatkan keunggulan kompetitif.

Bagi pengguna akhir, Google telah melihat peluangnya sendiri untuk menyajikan data pekerjaan dengan cara yang lebih efisien, memfasilitasi pencarian yang lebih luas yang tidak mengharuskan pencari bergerak di antara situs agregator, namun mengumpulkan semua hasil mereka di satu tempat. Secara teori jika tidak ada yang lain, ini adalah inovasi positif bagi pencari kerja.

Perubahan apa yang dapat kita harapkan untuk dilihat di SERPs Jobs?

Perubahan terbesar yang bisa kita harapkan dalam pekerjaan SERPs adalah pengenalan sebuah “paket pekerjaan”. Google telah mengembangkan kemampuannya untuk mengikis atau menguraikan data pekerjaan dan menariknya ke hasil pencariannya seperti pada paket lokal.

Seperti gambar di bawah ini menunjukkan, Google menguji coba daftar pekerjaan yang mencakup sektor, lokasi, basis pekerjaan (penuh atau paruh waktu) dan tanggal pengirimannya (kredit kepada Dan Shure yang berbagi ini di Twitter).

Sama seperti pengalaman pencarian situs kerja reguler, paket pekerjaan memungkinkan pengguna untuk melihat-lihat posisi yang ada di satu tempat dan akhirnya mengeklik sesuatu yang sesuai keinginan mereka (yang, kebetulan, juga membuat mereka tetap berada dalam lingkup Google dengan membuka diri profil pekerjaan individu, hanya mengirim mereka ke sumber pekerjaan saat mereka siap untuk mendaftar).

Paket pekerjaan berarti daftar organik akan terdorong lebih jauh ke halaman, sehingga akan lebih sulit bagi agen perekrutan dan agregator pekerjaan yang dapat ditemukan oleh pengguna potensial.

Selanjutnya, Hire with Google, yang dirilis pada pertengahan April, tampaknya merupakan Sistem Pelacakan Pemohon yang memungkinkan perekrut mengelola pengembangan pelamar kerja melalui portal. Tidak jelas sekarang apakah kedua teknologi itu akan terkait, tapi sekali lagi ini adalah bukti lebih lanjut dari Google yang menandai wilayahnya di industri ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*