“Rel = nofollow” Link Yang Tidak Cukup Membantu

RelnofollowLink Yang Tidak Cukup Membantu

“Rel = nofollow” adalah tag yang memberi tahu Google “jangan merayapi tautan ini” dan “tidak lulus PageRank,” di Google Webmaster Tools. Namun, perdebatan besar dalam komunitas pemasaran pencarian adalah: apakah ini benar-benar membantu kinerja SEO?

Jawabannya adalah antara ya dan tidak. Menurut pengalaman saya dalam membangun backlink hal itu tidak membantu bila berdiri sendiri. Artinya, jika kita memulai sebuah situs web dan memompanya dengan link PR “nofollow” yang bagus, kita tidak akan melihat dampak positif dalam segi tradik,  peringkat, dan lain-lain. Saya pikir Google menerapkan sistem yang baik untuk memahami tautan “nofollow”.

Namun, ada beberapa bagian penting di mana saya dapat melihat tautan “nofollow” memiliki dampak yang sangat bagus dan memberikan peningkatan dalam peringkat dan otoritas domain situs web secara keseluruhan:

  • Situs web yang terlalu dioptimalkan
  • Sedikit “nofollow” link di profil backlink
  • Teks jangkar terlalu dioptimalkan

Ketiga contoh di atas memiliki profil backlink yang aneh. Kemungkinan berasal dari beberapa hal yang berbeda. Saya melihat beberapa profil yang memiliki banyak tautan afiliasi, beberapa di antaranya memiliki tautan balik yang buruk serta merupakan “spam” dari tahun 2011 atau malahan yang lebih buruk lagi.

Yang bisa saya katakan secara pasti adalah selama satu atau dua tahun terakhir, kami telah menggunakan taktik di mana kami mencoba mendapatkan kualitas yang baik “nofollow” dari situs web berkualitas dalam bentuk komentar blog, tautan forum, penempatan editorial (bio line) , dan link yang lebih mirip (lebih lanjut tentang ini nanti).

Setelah kami mencapai tautan ini, kami umumnya dapat melihat dampak instan dalam keseluruhan peringkat kata kunci selama 2-3 bulan ke depan. Berikut adalah cuplikan dari SEMRush untuk satu contoh. Tautan yang diindeks berasal dari sekitar bulan Juni dan Juli, dan kami melihat peningkatan peringkat kata kunci lebih dari 100%.

Sebanyak beberapa orang ingin mengatakan bahwa link “rel = nofollow” tidak membantu SEO, saya hanya tidak membelinya. Saya telah melihat mereka bekerja terlalu sering, terutama untuk menyeimbangkan rasio tautan yang terlalu optimal, dan Google menunjukkannya di alat Webmaster mereka.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*